rss

Rabu, 20 Oktober 2010

Musyawarah Racana


MUSYAWARAH    RACANA
Dewan Racana Purwadwiguna Purwadiloka
Gugus Depan 0I295-01296
Pangkalan UPI Kampus Purwakarta
Masa Bakti 2009-2010
(Oleh Dewi Fitriyani)




Pramuka merupakan singkatan dari praja muda  karana, yang memiliki arti rakyat muda yang suka berkarya. Bagi anggota pramuka terdapat sebutan-sebutan untuk setiap tingkatannya, yaitu pramuka siaga, pramuka penggalang, pramuka penegak, dan pramuka pandega. Adapula kelompok anggota lain, yaitu Pembina pramuka, andalan, pamong saka, dan lain- lain.
       Dalam tingkatan pramuka penegak dikenal suatu wadah yang menaunginya, yaitu yang disebut dengan dewan racana, yang salah satunya adalah racana yang terdapat di lingkungan UPI Kampus Purwakarta yang diberi nama dewan racana Purwadwiguna dan Purwadwiloka dan pada hari senin, tanggal 11 Oktober 2010 dewan racana Purwadwiguna- Purwadwiloka telah mengadakan sebuah musyawarah yang disebut dengan Musyawarah Racana (Muscan).
       Musyawarah Racana merupakan sebuah agenda yang membahas mengenai laporan pertanggungjawaban pramuka selama satu periode kepengurusan atau masa bakti yang dilaksanakan pada akhir masa jabatan anggota pramuka guna melanjutkan tongkat estafet kepramukaan untuk generasi selanjutnya.
       Adapun rangkaian kegiatan pada saat Musyawarah Racana yang dilaksanakan di ruang kelas 2C dihadiri oleh pembimbing kemahasiswaan, yaitu Bapak Drs. Endang Hidayat, M.Pd. dan Pembina pramuka, yaitu Bapak Drs. D. Wahyudin, M.Pd. tersebut diawali dengan pembukaan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, smbutan- sambutan, pemilihan ketua racana baru, sidang pleno, dan lain- lain. Anggota dewan racana Purwdwiguna- Purwadwiloka adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar UPI kampus Purwakarta yang masih aktif mengikuti perkuliahan.  Sedangkan ketua racana Purwadwiguna sebelumnya oleh kak Dede Awaludin Syarif dan ketua racana Purwadwiloka oleh kak Eva Nuru’saadah. Dan pada saat pemilihan ketua dewan racana yang baru di dalam Muscan, terpilih ketua dewan racana Purwadwiguna, yaitu kak Gulam Fakhry, sedangkan ketua dewan racana Purwadwiloka terpilih kak Nabiila M Tsuraya.
       Selama satu periode kepengurusan, dewan racana telah menjalankan tugas dengan sebaik- baiknya, namun dalam pelaksanaan kinerjanya belum mencapai ketidaksempurnaan, oleh karena itu dengan adanya Musyawarah Racana dan pemilihan ketua baru tersebut semoga dewan racana kepramukaan UPI Kampus Purwakarta dapat membentuk sebuah organisasi yang lebih solid, berkomitmen, dan bertanggungjawab terhadap tugasnya dalam menjalankan kepengurusan dewan racana Purwadwiguna- Purwadwiloka UPI Kampus Purwakarta.
Purwakarta, 12 Oktober 2010
KOMINFO

0 komentar:


Posting Komentar

 

Sponsor

Sponsor