rss

Senin, 26 November 2012

Liputan PEMULA 2012


Rabu, 14 November 2012. Ada yang berbeda dengan Kampus UPI Purwakarta. Pelataran aula barat UPI kampus purwakarta diwarnai dengan mahasiswa membawa perlengkapan kemah. Rupanya Pramuka pangkalan UPI kampus Purwakarta akan melsanakan kegiatan PEMULA (Perkemahan Tamu Ambalan) yang akan diselenggarakan dari tanggal 14-17 November 2012. Dengan mengusung tema “Bangkitkan Pramuka Tepati Dasa Dharma”, “diharapkan saatnya sekarang pramuka bentuk kader-kader yang punya nilai moral tinggi, karena nilai-nilai dasa dharma saat ini kurang di junjung tinggi oleh anak-anak pramuka”, demikian pernyataan Dede Permana selaku ketua pelaksana. Peserta di berangkatkan ke bumi perkemahan Batu Mulya oleh ka Syarif Hendriyana selaku pembina racana Purwadwiguna pramuka UPI kampus Purwakarta.
Sampai di bumi perkemahan seluruh peserta PEMULA mulai menempati tempat pendirian tenda. Terlihat kerja keras dan kekompakan dari semua peserta dalam bahu membahu mendirikan tenda, ada yang merapikan barang-barang bawaan, ada yang mengambil air untuk memasak dan ada pula yang tertidur karena kelelahan dalam perjalanan. Kepulan asap dari kayu bakar menambah kehangatan di bumi perkemahan. Adzan maghrib berkumandang bergegas seluruh peserta dan panitia mendirikan solat berjamaah di tempat yang telah disediakan panitia, dengan beralaskan plastik dan beratapkan langit seluruh peserta dan panitia menunaikan ibadah dengan khusyuk.
Kamis 15 November, sejak pagi hari aktifitas peserta dan panitia PEMULA untuk persiapan pembukaan kegiatan sudah terlihat, dimulai dari solat subuh berjamaah, giat pribadi dan olahraga senam pramuka. Upacara dimulai pukul 08.30 wib dengan pembina upacara ka D. Wahyudin selaku pembina ambalan Purwadwiguna pramuka UPI kampus purwakarta. Pembukaan kegiatan PEMULA 2012 ditandai dengan penyematan tanda peserta dan baju kegiatan oleh pembina upacara. Dalam amanatnya beliau menyampaikan bahwa dalam diri setiap anggota pramukan harus menanamkan betul-betul nilai-nilai yang terkandung dalam dasa darma. Sebagai tambahan kepala program studi UPI kampus Purwakarta ibu Dra. Puji Rahayu, M.Pd. sangat mendukung sekali kegiatan pramuka khususnya di UPI kampus Purwakarta.
Selesai upacara, mari beranjak ke tenda pleton. Di sana telah terkumpul seluruh peserta PEMULA untuk menerima materi kepramukaan tentang bela negara oleh Dandim 0619 Purwakarta, navigasi darat oleh tim SAR DKC Purwakarta dan survival oleh ketua UKM PAS MAHAGURU UPI kampus Purwakarta. Selesai materi kegiatan selanjutnya ialah giat pribadi dan persiapan sholat maghrib dan dilanjut dengan pengajian yasin yang di pimpin oleh ka Asep Nurhuda. Selepas makan malam kegiatan dilanjutkan dengan pemilihan Mr. dan Mrs. Scout. Para peserta lomba dari  perwakilan tiap sangga mulai mendatangi tempat perlombaan di tenda pleton dengan berpenampilan khas sesuai dengan tema yang di usung oleh masing-masing peserta. “Peserta yang terpilih sebagai Mr. and Mrs. Scout nantinya akan menjadi duta pramuka UPI kampus Purwakarta,” demikian penuturan Syefiatun selaku koordinator lomba.
Berlanjut di hari ke tiga, dengan kegiatan penjelajahan. Kegiatan dimulai dari pukul 06.00 wib, peserta putra mengawali penjelajahan. Pada jalur penjelajahan terdapat 7 pos yang harus di lewati oleh semua peserta. Pos pertama ialah pengabdian masyarakat, peserta harus mengabdikan dirinya kepada masyarakat setempat, untuk membantu pekerjaan yang biasa dilakukan warga. Pos ke dua tentang pengetahuan umum kepramukaan, pos ke tiga halang rintang, pos ke empat SMS (Sandi Morse Semaphore), pos ke lima PBB, pos ke enam KIM (Kemampuan Indera Manusia), dan pos ke tujuh sebagai penutup terdapat game pipa bocor, peserta di minta untuk mengisikan pipa bolong-bolong dengan cara bekerjasama dengan kelompok. Diakhir penjelajahan seluruh peserta membersihkan diri di sungai.
Pada sore hari kegiatan dilanjutkan dengan lomba memasak, setiap sangga wajib mengirimkan hasil olahannya ke panitia untuk di nilai. Kemudian di lanjut dengan lomba kreasi seni, beragam kesenian yang ditampilkan oleh peserta mulai dari musikalisasi puisi sampai parodi. Suasana semakin hangat dengan guyonan dari panitia dan warga yang ikut menonton.
Malam hari berlanjut dengan upacara unggun. Dengan pembina unggun ka Gulam Fachri, demisioner racana purwadwiguna UPI kampus Purwakarta. Kehangatan dan semangat jiwa pramuka terasa saat api unggun mulai menyala. Dalam amanatnya ka Gulam menegaskan bahwa api unggun yang menyala saat ini bukan lambang untuk penyembahan, melainkan panghangat saat dingin. Setelah upacara unggun kegiatan dilakukan dengan renungan, ka Asep Nurhuda sebagai pemateri dalam renungan mengusung tema “Keagungan Allah SWT.”.
Sabtu, 17 November ialah hari terakhir kegiatan PEMULA 2012 ditandai dengan pelepasan tanda peserta oleh pembina upacara ka Sri Mulyani selaku pembina Purwadwiloka pramuka UPI kampus Purwakarta. dalam amanatnya beliau menekankan bahwa seluruh mahasiswa upi wajib mengikuti latihan rutin setiap hari senin, sebagai bekal nanti ketika mengajar di Sekolah Dasar. Sebelum kembali ke kampus ada pengumuman pemenang dari seluruh perlombaan, dan ditutup dengan musabahah dengan seluruh panitia.

_REWO23

0 komentar:


Posting Komentar

 

Sponsor

Sponsor