rss

Kamis, 01 Juli 2010

MUMAS PERIODE 2009-2010

MUSYAWARAH MAHASISWA

Pembinaan/ pengembangan organisasi kemahasiswaan merupakan kegiatan-kegiatan yang berfungsi sebagai wahana kaderisasi dan pengembangan diri mahasiswa. Bentuk kegiatan pengembangan bidang organisasi atau kaderisasi meliputi :

· Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) yang diselenggarakan oleh ormawa tingkat jurusan/ program,

· Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM) yang diselenggarakan oleh ormawa tingkat fakultas (SMF, BEM, DPMF),

· Latihan kepemimpinan mahasiswa (LKM) diselenggarakan oleh ormawa tingkat universitas (BEM UPI)

· Musyawarah Mahasiswa (MUMAS). Kegiatan musyawarah Mahasiswa (MUMAS) dilakukan oleh semua ormawa dengan sebutan yang berbeda-beda di antaranya Musyawarah Besar (Mubes), Musyawarah Mahasiswa (MUMAS), Musyawarah Anggota (Musang), Musyawarah Adat (Mudat), Musyawarah Teater (Muter), Pemilihan Umum Raya (Pemilu Raya).

Nah pada tanggal, 29 Juni 2010. Universitas Pendididikan Indonesia kampus Purwakarta mengadakan Musyawarah Mahasiswa atau lebih populer dengan akronim MUMAS yang berjalan dalam waktu seharian penuh di Aula Timur kampus.

Apa yang terjadi di dalam MUMAS tersebut???

MUMAS sebagai lembaga tinggi organisasi kemahasiswaan di Universitas Pendidikan Indonesia dapat dikatakan sebagai lembaga yudikatifnya, kerena di dalam MUMAS membahas mengenai AD/ART menetapkan serta mengesahkannya. Selain itu di dalam MUMAS diadakan pemilihan ketua DPM dan melantik ketua BEM terpilih dari hasil pemilihan umum yang telah dilaksanakan sebelum diadakannya MUMAS.

MUMAS merupakan sebuah mekanisme persidangan, ada seorang presidium yeng bertugas mengatur jalannya persidangan, tepatnya disebut sidang pleno dan adanya peserta MUMAS yang mengikuti seluruh rangkaian kegiaten MUMAS.

Perlu diketahui, bahwa pada saat pelaksanaan MUMAS kemarin setiap peserta diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu agar memiliki hak suara dalam pemilihan ketua DPM. Perlu diperhatikan bahwa pendaftaran peserta MUMAS ini penting, karena jika tidak tegas peraturanya maka akan menimbulkan masalah pada saat pemilihan ketua DPM, seperti MUMAS kemarin ada sedikit problem pada saat akan menentukan siapa saja yang mendapatkan hak suara, dan ternyata ada beberapa orang yang dianggap tidak berhak mendapatkan hak suara dikarenakan konon “beberapa orang” tersebut mendaftar melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Permasalahan tersebut dapat dikatakan sedikit menghambat jalannya pemilihan ketua DPM, walaupun akhirnya ada titik temu permasalahan.

Secara garis besar susunan kegiatan MUMAS kemarin, yaitu pertama adanya pembacaan agenda sidang, lalu adanya Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) oleh ketua BEM, ketua DPM dan UKM PASmahaguru. Dan yang paling penting yaitu adanya pelantikan ketua BEM terpilih yaitu Saudara Dede Maryadi sebagai ketua dan saudara Agum Gunia Fauzi sebagai wakilnya untuk BEM periode 2010-2011 yang menggantikan jabatan saudara Riza Ahmad Ghozali dan saudara Aji Fauziana Ridwan periode sebelumnya. Sedangkan, pada saat pengajuan calon ketua DPM terpilih tiga orang calon, yaitu 1. Fakhru, 2. Galih, 3. Heru, dengan polling suara terbanyak jatuh pada saudara Galih dan langsung ditetapkan setelah ada jeda istirahat dahulu. Dan otomatis saudara Galih menggantikan jabatan saudara Mumu menjadi ketua DPM.

Setelah pelantikan ketua DPM, agenda selanjutnya yaitu sidang pleno yang di dalamnya membahas, menetapkan dan mengesahkan AD/ART kepengurusan BEM periode 2010-2011.

demikianlah uraian kegiatan pada saat pelaksanaan Musyawarah Mahasiswa yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia kampus Purwakarta.

0 komentar:


Posting Komentar

 

Sponsor

Sponsor